REVIEW 3 JURNAL TEORI GRAF & AUTOMATA

Review Jurnal 1

Judul Jurnal
 PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PROSES         KONVERSI PADA FINATE AUTOMATA BERBASIS                     MULTIMEDIA
Penulis
 Wantah Satria(07018308), Sri Handayaningsih (0530077701)
No. ISSN
 2338-5197
Reviewer
 Agung Bimantara Putra
Jumlah Halaman
 297-304
Isi :

-          Identifikasi Masalah
   Karena materi pada jurnal ini lumayan susah dan agak sulit untuk       dipahami, sehingga para pengajar memerlukan metode                       pembelajaran yang lebih atraktif dan efektif.
-          Tujuan
   Untuk membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk             memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen         untuk menunjang pembelajaran Teori Bahasa Automata.
-          Metode Penyelesaian
   Tahap akhir atau dari perancangan sebuah sistem adalah                     pengujian terhadap sistem itu sendiri. Dalam sistem ini ada dua         metode dalam pengujian sistem yaitu black box test dan alfa test.       Dalam pengujian black boxt test dilakukan oleh dosen                         TBO,sedangkan alpha test dilakukan oleh mehasiswa yang sudah       pernah mengambil TBO dan yang belum megambil TBO. Dalam       pengujian black boxt dan alpha test menghasilkan kesimpulan           bahwa sistem layak dipergunakan sebagai media pembelajaran           untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa, serta sebagai alat           pendukung proses pembelajaran.
-          Pemecahan Masalah
   1. Buat semua state yang merupakan substate dari state semula.
   2. Telusuri transisi state-state yang baru terbentuk dari diagram              transisi.
   3. Tentukan state awal : {qo}.
   4. Tentukan state akhir adalah state yang elemenya mengandung            state.
   5. Reduksi state yang tak tercapai oleh state awal.

-          Kesimpulan
   Telah dibuat aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif      sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah Teori Bahasa                  Automata khususnya materi konvesi pada Finite Automata.

-          Kelebihan
   Penulisan jurnal ini sangat teratur dan sesuai dengan kaidah               penulisan jurnal ini sendiri.
-          Kekurangan
   Isi yang disampaikan mengenai jurnal ini kurang laengkap.
Penerbit

   Universitas Ahmad Dahlan













































Review Jurnal 2

Judul Jurnal
MEDIA PEMBELAJARAN TEORI BAHASA AUTOMATAPADA
   MATERI PUSH DOWN AUTOMATA BERBASIS                             MULTIMEDIA
Penulis
  M Khariul Ridho Dhilon, Wahyu Pujiyono  (0504116601)
No. ISSN
 2338-5197
Reviewer
 Agung Bimantara Putra
Jumlah Halaman
 1341- 1350
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Berdasarkan data yang diperoleh, dari 30 mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah Teori Bahasa Otomata khususnya materi Push Down pada Finate Automata, dapat diprosentasikan bahwa 17,14% mahasiswa paham akan materi, 11,43% cukup memahami, dan 70,43% mahasiswa tidak paham dan sukar dalam memahami materi perkuliahan dan 33,33% tidak membutuhkan alat bantu, 66,67% membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran
   berbasis multimedia. Hal ini disebabkan karena materi ini banyak mempunyai konsep pemahaman logika, Sehingga susah untuk 
-          Tujuan
   Tujuanya adalah untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam             pemberian dan pemahaman mengenai Materi pada mata kuliah Teori           Bahasa Automata.
-          Metode Penyelesaian
Tahap akhir dari perancangan sebuah sistem adalah pengujian terhadap sistem itu sendiri. Dalam sistem ini ada dua metode dalam pengujian sistem yaitu black box test dan alpha test. Dari hasil penilaian terhadap sistem tersebut, mahasiswa antusias untuk menggunakan aplikasi media pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh mahasiswa lebih antusias belajar dengan menggunakan media pembelajaran dibandingkan belajar dengan cara sebelumnya

   tanpa menggunakan media pembelajaran, mahasiswa cenderung lebih tertarik mencoba menu contoh soal dan menu simulasi, karena mahasiswa dapat menginputan sendiri.
-          Pemecahan Masalah

Push Down Automata merupakan mesin otomata dari bahasa bebas konteks. PDA di gambarkan sebagai tempat penyipanan yang tidak terbatas berupa stack/tumpukan [6]. Stack ialah kumpulan dari elemen-elemen sejenis dengan sifat penambahan elemen dan pengambilan elemen melalui suatu tempat yang disebut top of stack (puncak stack). Prinsip pada stack adalah LIFO. simbol input simbol pop simbol push Q0 a, b c Q1

-          Kesimpulan
   Menurut saya hasil dalam  penelitian ini adalah aplikasi                       multimedia sebagai media pembelajaran Teori Bahasa Automata       pada materi Push Down Automata berdasarkan hasil uji coba             tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat     membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami     materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk                 menunjang pembelajaran Teori Bahasa Automata.
-          Kelebihan
- Penulisan jurnal ini sangat teratur dan sesuai dengan apa yang dibahas dalam jurnal ini.
  - Isi dalam jurnal ini sangat lengkap sehingga dapat membantu           para mahasiswa untuk mencari informasi mengenai materi  Media     Pembelajaran Teori Bahasa Automata Pada Materi Push down           Automata Berbasis Multimedia ini.
-          Kekurangan
  Informasi yang di sampaikan agak sulit di pahami dan di mengerti.
Penerbit

  Universitas Ahmad Dahlan
































































Review Jurnal 3

Judul Jurnal
 MEDIA PEMBELAJARAN TEORI BAHASA DAN OTOMATA
 POKOK BAHASAN FINITE AUTOMATA (FA) BERBASIS
 MULTIMEDIA
Penulis
 Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
No. ISSN
 2338-5197
Reviewer
 Agung Bimantara Putra
Jumlah Halaman
  811- 820
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Dari data kuisioner yang dengan 30 mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah Teori Bahasa Otomata, bisa dikalkulasikan dan disimpulkan bahwa 30% mahasiswa belum mengetahui isi materi Finite Automata (FA) sebelum mengikuti perkuliahan, 20% mahasiswa paham akan materi, dan 50% mahasiswa merasa
kesulitan dalam mengerjakan soal materi Finite Automata (FA) dalam menentukan bahasa yang dibentuk dari Finite state automata dan menentukan string yang diterima atau ditolak. Hal ini disebabkan karena sistem pembelajarannya bersifat klasikal dalam artian bahwa hanya sebatas menggunakan ms.word, power point
   keterangan-keterangan tambahan maupun simulasi digambarkan         secara manual di papan tulis.
-          Tujuan
Tujuannya adalah untuk mempermudah dosen
dan mahasiswa dalam pemberian dan pemahaman mengenai Finite Automata pada
   mata kuliah Teori Bahasa Otomata.
-          Metode Penyelesaian
Tahap akhir dari perancangan sebuah sistem adalah pengujian terhadap sistem
itu sendiri. Dalam sistem ini ada dua metode dalam pengujian sistem yaitu black box
test dan alfa test.
Tabel 1. Hasil Nilai Evaluasi
Id_Tes NIM Point Succes_Rate
01 09018283 80 80%
02 09018290 80 80%
03 09018291 70 70%
04 09018293 80 80%
05 248 90 90%
06 08019234 100 100%
07 07018222 90 90%
08 281 100 100%
09 290 80 80%
10 177 80 80%
11 308 60 60%
12 227 90 90%
13 1 70 70%
14 20 90 90%
15 07018 100 100%
16 266 70 70%
17 245 70 70%
18 305 50 50%
19 290 90 90%
20 05 100 100%
Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh user terhadap sistem, dapat diperoleh
presentasi nilai adalah sebagai berikut:
5.1 Point 100 terdapat 4 user dengan presentasi 4/20 x 100% = 20%
5.2 Point 90 terdapat 5 user dengan presentasi 5/20 x 100% = 25%
5.3 Point 80 terdapat 5 user dengan presentasi 5/20 x 100% = 25%
5.4 Point 70 terdapat 4 user dengan presentasi 4/20 x 100% = 20
5.5 Point 60 terdapat 1 user dengan presentasi 1/20 x 100% = 5%
5.6 Point 50 terdapat 1 user dengan presentasi 1/20 x 100% = 5%
Penilaian A antara point 80-100, nilai B antara point 60-70, nilai C antara point
= 40-50, dan nilai C antara point= 0 – 30. Dapat disimpulkan bahwa 70% user
mendapat nilai A, 25% user mendapat nilai B, 5% user mendapat nilai C, dan 0%
   user mendapat nilai D.
-          Pemecahan Masalah
Finite automata adalah model matematika sistem dengan masukan dan keluaran diskrit. Sistem dapat berada di salah satu dari sejumlah berhingga konfigurasi internal disebut state. State merupakan ringkasan informasi yang berkaitan dengan masukan-masukan sebelumnya yang diperlukan untuk menentukan pelaku sistem pada masukan-masukan berikutnya.[4] Finite automata terdiri dari 5 tupel, F = (Q, Σ, δ, S, F) dimana:
Q = himpunan state
Σ = simbol masukan
δ = fungsi transisi
S = state awal
   F = state akhir

-          Kesimpulan
Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media
Pe     mbelajaran Teori Bahasa Otomata pokok bahasan Finite                     Automata. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test       dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat                     disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu           proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat     bantu pembelajaran teori bahasa otomata pokok bahasan finite           automata.
-          Kelebihan
   Memaparkan secara jelas dan lengkap mulai dari abstrak,                   pendahuluan serta permasalahan mengapa di  buatnya jurnal               mengenai materi ini.
-          Kekurangan
   Deskripsi dari gambar sangat sulit di pahami sehingga harus lebih     sering lagi untuk membaca dan memahami seluruh isi dari jurnal       ini.
Penerbit

   Universitas Ahmad Dahlan














































































































Daftar Pustaka:

M Khairul Ridho Dhilon, W. P. (2014). MEDIA PEMBELAJARAN TEORI BAHASA AUTOMATA PADA. Media Pembelajaran Teori Bahasa Automata. . ., 1341- 1350.
Prof. Dr. Soepomo, S. J. (2013). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PROSES KONVERSI PADA FINATE AUTOMATA BERBASIS MULTIMEDIA. Pembuatan Media Pembelajaran …, 811-820.

Wantah Satria, S. H. (2014). Media Pembelajaran Teori Bahasa Dan Otomata Pokok Bahasan Finite Automata (Fa) Berbasis Multimedia. Media Pembelajaran Teori Bahasa …, 297-304.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOFTWARE DAN HARDWARE DALAM KEGIATAN IT FORENSIK

IMPLEMENTASI ALGORITMA DEPTH LIMITED SEARCH PADA PERMAINAN PEG SOLITAIRE