Tugas 2 Kecerdasan Buatan

 

Dalam bahasan kecerdasan buatan sebuah software/ hardware disebut cerdas jika memiliki kemampuan untuk searching, reasoning, planning dan learning. Jelaskanlah pernyataan tersebut disertai dengan contoh!

Berikut merupakan penjelasan dan contoh dari pernyataan tersebut!

Dengan semakin cepatnya perkembangan hardware dan software, berbagai produk KB telah berhasil dibangun dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini, produk-produk tersebut dikelompokkan ke dalam empat teknik yang ada di KB, yakni : Searching, Reasoning, Planning dan Learning.

1.        Searching

            Produk yang membahas bagaimana memecahkan suatu masalah dengan teknik searching atau pencarian.

      Berikut merupakan langkah-langkah yang di gunakan yaitu:

a.               langkah pertama adalah mendefinisikan ruang masalah

b.               langkah kedua yaitu mendefinisikan atauran produksi yang digunakan untuk mengubah suatu state ke state lainnya.

c.                terakhir adalah memilih metode pencarian yang tepat sehingga dapat menemukan solusi terbaik

2.              Reasoning

Teknik reasoning yakni teknik penyelesaian masalah dengan cara mereprentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan  atau knowledge base menggunakan logic atau bahasa formal maupun bahasa yang dipahami komputer. manusia. Contohnya : Arnold Danker. Dalam dunia kedokteran, telah berhasil dibangun sebuah software yang disebut MedicWare yang digunakan untuk merekam catatan medis pasien. MedicWare dilengkapi dengan ribuan pengetahuan tentang jenis, merek, efek samping dan interaksi berbagai jenis obat-obatan.

3.          Planning

Planning adalah  teknik untuk menyelesaikan masalah yang dapat di dekomposisi atau decomposable problems. Teknik ini digunakan untuk melakukan perencanaan terhadap suatu masalah yang hendak diselesaikan. Di dunia manufaktur dan robotic, teknik planning memainkan peranan yang sangat penting. Contohnya : Optimum-AIV adalah suatu planner (software yang menggunakan teknik planning) yang digunakan oleh European Space Agency untuk assembly atau perakitan, integration atau penggabungan dan verification (AIV) pesawat terbang. Software tersebut digunakan untuk membuat perencanaan dan untuk memonitor eksekusi terhadap perencanaan-perencanaan tersebut.

 

4.          Learning

Learning, adalah membahas tiga metode learning yaitu decision tree learning, jaringan syaraf tiruan, dan algoritma genetika.Teknik ini digunakan untuk membuat mesin-mesin otomatis melalui proses pembelajaran dan pelatihan sedemikian rupa hingga bisa menjadi cerdas layaknya manusia. Teknik ini telah diterapkan pada berbagai bidang, seperti transportasi, speech processing, computer vision, robotics dan sebagainya. (Yuningsih, 2018)

Gambar di bawah ini adalah sebuah graf simetris tak berarah yang menggambarkan  kondisi jalan raya di suatu kota.  Terdapat 8 simpul yang menyatakan persimpangan jalan dengan posisi-posisi koordinat dua dimensi (x,y). Setiap busur memiliki 2 atribut, angka pertama menyatakan panjang jalan sebenarnya (dalam satuan kilo meter), dan angka yang berada dalam tanda kurung, menyatakan kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk setiap kendaraan  yang melalui jalan tersebut (dalam satuan km/jam). Seorang pimpinan satuan pemadam kebakaran, yang berada di persimpangan S, bermaksud memadamkan api di sebuah gedung yang terletak di persimpangan G. Dia menggunakan mobil pemadam kebakaran dengan kecepatan maksimum 90 km/jam. Bantulah petugas tersebut menemukan rute jalan dengan total waktu tercepat dari S ke G dengan menggunakan Metode A*.

Untuk penjelasannya sebagai berikut:
1. karena open hanya terdapat 1 simpul (yaitu 5), maka 5 terpilih sebagai Bestnode
Bestnode selanjutnya adalah F(c)=65
Closed = 5 Open = A.B.C
             2. C dengan biaya terkecil (yaitu 65) terpilih sebagai Bestnode dan di pindahkan ke closed. Semua suksesor C dibuka yaitu B dan F, masukan ke open.
F (B) Jika starting point dari C=99
F(B) Sebelumnya (saat parent B adalah 5) = 100 
B ganti parent dari 5 ke C
Opened list (A,B,C,F)
Closed list (C,5)
F menjadi titik awal karena merupakan Bestnode dari opened  list dengan nilai F (F) = 67
Bangkitkan suksesor dari F yaitu simpul E dan G
           G belum pernah ada di open atau close list, maka langsung hitung nilai 7 (G) = CF + FG + HG = 12 + 5 +0 = 17


            Referensi:

                          Yuningsih, L. (2018, December 17 Monday). KECERDASAN BUATAN. KECERDASAN BUATAN.

 










 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOFTWARE DAN HARDWARE DALAM KEGIATAN IT FORENSIK

IMPLEMENTASI ALGORITMA DEPTH LIMITED SEARCH PADA PERMAINAN PEG SOLITAIRE

REVIEW 3 JURNAL TEORI GRAF & AUTOMATA