Tugas 2 Kecerdasan Buatan
Dalam
bahasan kecerdasan buatan sebuah software/ hardware disebut cerdas jika
memiliki kemampuan untuk searching, reasoning, planning dan learning.
Jelaskanlah pernyataan tersebut disertai dengan contoh!
Berikut
merupakan penjelasan dan contoh dari pernyataan tersebut!
Dengan
semakin cepatnya perkembangan hardware dan software, berbagai produk KB telah
berhasil dibangun dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini,
produk-produk tersebut dikelompokkan ke dalam empat teknik yang ada di KB,
yakni : Searching, Reasoning, Planning dan Learning.
1. Searching
Produk yang membahas bagaimana memecahkan suatu masalah dengan teknik searching atau pencarian.
Berikut merupakan langkah-langkah
yang di gunakan yaitu:
a. langkah
pertama adalah mendefinisikan ruang masalah
b.
langkah kedua yaitu mendefinisikan atauran
produksi yang digunakan untuk mengubah suatu state ke state lainnya.
c. terakhir
adalah memilih metode pencarian yang tepat sehingga dapat menemukan solusi
terbaik
2. Reasoning
Teknik
reasoning yakni teknik penyelesaian
masalah dengan cara mereprentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan
atau knowledge base menggunakan logic atau bahasa formal maupun bahasa yang
dipahami komputer. manusia. Contohnya : Arnold Danker. Dalam dunia kedokteran,
telah berhasil dibangun sebuah software yang disebut MedicWare yang digunakan
untuk merekam catatan medis pasien. MedicWare dilengkapi dengan ribuan
pengetahuan tentang jenis, merek, efek samping dan interaksi berbagai jenis
obat-obatan.
3.
Planning
Planning
adalah teknik untuk menyelesaikan masalah
yang dapat di dekomposisi atau decomposable problems. Teknik ini digunakan
untuk melakukan perencanaan terhadap suatu masalah yang hendak diselesaikan. Di
dunia manufaktur dan robotic, teknik planning memainkan peranan yang sangat penting.
Contohnya : Optimum-AIV adalah suatu planner (software yang menggunakan teknik
planning) yang digunakan oleh European Space Agency untuk assembly atau
perakitan, integration atau penggabungan dan verification (AIV) pesawat
terbang. Software tersebut digunakan untuk membuat perencanaan dan untuk
memonitor eksekusi terhadap perencanaan-perencanaan tersebut.
4. Learning
Learning,
adalah membahas tiga metode learning
yaitu decision tree learning, jaringan syaraf tiruan, dan algoritma
genetika.Teknik ini digunakan untuk membuat mesin-mesin otomatis melalui proses
pembelajaran dan pelatihan sedemikian rupa hingga bisa menjadi cerdas layaknya
manusia. Teknik ini telah diterapkan pada berbagai bidang, seperti
transportasi, speech processing, computer vision, robotics dan
sebagainya.
Gambar
di bawah ini adalah sebuah graf simetris tak berarah yang
menggambarkan kondisi jalan raya di suatu kota. Terdapat
8 simpul yang menyatakan persimpangan jalan dengan posisi-posisi koordinat dua
dimensi (x,y). Setiap busur memiliki 2 atribut, angka pertama menyatakan
panjang jalan sebenarnya (dalam satuan kilo meter), dan angka yang berada dalam
tanda kurung, menyatakan kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk setiap
kendaraan yang melalui jalan tersebut (dalam satuan km/jam). Seorang
pimpinan satuan pemadam kebakaran, yang berada di persimpangan S, bermaksud
memadamkan api di sebuah gedung yang terletak di persimpangan G. Dia
menggunakan mobil pemadam kebakaran dengan kecepatan maksimum 90 km/jam.
Bantulah petugas tersebut menemukan rute jalan dengan total waktu tercepat dari
S ke G dengan menggunakan Metode A*.
Yuningsih, L. (2018, December 17 Monday). KECERDASAN
BUATAN. KECERDASAN BUATAN.




Komentar
Posting Komentar